Setiap jenis makanan memiliki manfaat masing-masing. Namun ada beberapa jenis makanan yang memengaruhi kinerja otak antara lain membantu proses berpikir, merencanakan hingga menganalisis.


Berikut ini beberapa jenis makanan yang berguna bagi kesehatan otak,
Pilihan Makanan Cerdas Untuk Otak Cerdas. Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia yang bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Maka sebab itu sangat dibutuhkan nutrisi yang sangat membantu agar otak dapat berfungsi dengan baik .

Dengan membuat pilihan makanan yang cerdas, kita dapat menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah artikel kesehatan yang memberikan beberpa contoh makanan yang baik untuk otak diantaranya :
* Alpukat – Meskipun dianggap sebagai “buah lemak”, alpukat ternyata berkontribusi untuk menjaga aliran darah tetap sehat, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko hipertensi yang dapat menyebabkan stroke.

* Pisang – Meningkatkan Kekuatan Otak
Ini niechhhh yang perlu di perhitungkan bagi para Pelajar khususnya,,,,
Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan

* Blueberry – Menurut beberapa penelitian, konsumsi buah Blueberry terbukti dapat melindungi otak dari stres, demensia, dan penyakit alzheimer. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang kaya blueberry secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik.

* Ikan – Konsumsi ikan seperti salmon adalah pilihan yang baik dibandingkan ikan air tawar ikan. Pasalnya, ikan salmon mempunyai kandungan omega-3 asam lemak esensial yang tinggi yang penting untuk fungsi otak.

* Roti gandum, beras merah, dan “oatmeal” – Makanan ini juga berkontribusi untuk menjaga otak tetap sehat sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan meningkatnya kesehatan jantung dan aliran darah meningkat, otak dipastikan akan berkembang dengan baik. Pasalnya, oksigen yang masuk ke otak akan meningkat, begitu pula pengiriman nutrisi melalui aliran darah.

* Kacang dan biji-bijian – Kacang atau biji-bijian merupakan sumber vitamin E. Makanan ini sangat penting untuk otak Anda dalam mencegah penurunan fungsi kognitif.

* Coklat hitam – Dark chocolate atau lebih dikenal dengan coklat hitam memiliki sifat antioksidan yang kuat dan mengandung beberapa stimulan alami yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan, coklat ini juga dapat mendorong produksi endorphin yang membantu meningkatkan mood.

* Telur – agar berpikir lebih cepat
Otak akan berfungsi optimal saat memperoleh asupan nutrisi dari vitamin B12 yang sangat penting bagi sel-sel saraf. Defisiensi vitamin B12 menyebabkan iritabilitas, depresi hingga menurunkan kemampuan kognitif. Selain itu asam folat sangat diperlukan untuk pembelahan sel-sel normal yang terlibat dalam hematopoiesis serta mengatur metabolisme karbohidrat dan lemak.
Mentega untuk meningkatkan memori

* Mentega – kerap disandingkan dengan roti saat sarapan. Bila Anda memasukkan mentega di awal hari, berarti Anda melindungi kesehatan tubuh dengan mencegah kerontokan rambut, pengelupasan kuku dan memertahankan elastisitas kulit.

Selain itu, mentega sangat penting bagi otak. Makanan olahan dari susu hewan ini berisi sejumlah besar nutrisi yang tidak ditemukan di minyak nabati, termasuk vitamin A, yang merangsang produksi neurotransmiter seperti dopamin, yang mempengaruhi suasana hati dan memori. Mentega juga mengandung vitamin D dan B12.

Mentega yang terbuat dari susu dari sapi yang makan rumput tanpa bahan kimia bahkan memiliki omega 3 berlipat yang mengurangi peradangan dan meningkatkan pertumbuhan sambungan baru di otak.

Mentega plain juga berfungsi memproduksi asam linoleat bagi tubuh yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak, memperpanjang kehidupan sel dan melawan efek negatif dari hormon stres kortisol.

* Daging – merah memperbaiki kinerja akademik
Terlepas dari kenyataan bahwa daging merah dianggap makanan berbahaya, daging merah ideal karena mengandung zat besi yang dicerna dan diserap dengan baik. Senyawa ini memungkinkan pasokan oksigen dalam tubuh.

Daging merah juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Nutrisi seng didalamnya mampu memperbaiki kinerja akademik. Konsumsi daging merah organik juga meningkatkan produksi asam linoleat 300-500 persen di dalam tubuh, dibandingkan dengan daging sapi konvensional.

* Ikan teri – untuk IQ yang lebih baik
Sumber utama asam lemak omega-3 adalah ikan. Ikan teri mengandung asam lemak dua kali lebih banyak daripada ikan tuna. Dan, ikan ini hidup dalam rantai makanan rendah sehingga tidak menumpuk merkuri yang berbahaya bagi otak manusia.

* Teh hijau – Minum teh yang baru diseduh juga baik bagi otak Anda karena teh memiliki antioksidan kuat, terutama pada kandungan catechines yang dapat mendorong aliran darah agar tetap sehat. [kompas]

Dengan kita dapat mengkonsumsi makanan tersebut maka diharapkan kemampuan otak kita akan tetap terjaga dan dapat meningkatkan kecerdasannya . Semua orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, begitu juga dalam hal kecerdasan . Sebenarnya kecerdasan otak itu bisa dilatih . Dan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan cerdas untuk otak cerdas yang dipaparkan diatas .

Baca Artikel Yang Lain:
Tubuh Langsing Tanpa Diet Ketat
Olahraga Sehat Sehari-Hari 2012
Rahasia Panjang Umur Pasien Diabetes Tertua (Bob Krause)
Diet Sehat Untuk Diabetes Mellitus
Pengobatan Diabetes Mellitus ( DM)
Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus
Gejala-Gejala Diabetes Mellitus
Ancaman Penyakit Diabetes Mellitus
Buah Alpokat (Avocado) Yang Banyak Manfaat
Manfaat Buah Pisang Yang Patut Diperhitungkan
Makanan Cerdas Untuk Otak Cerdas
Penyakit Rabies