Penyakit Diabetes Militus yaitu penyakit yang sangat berbahaya dan tidak sedikit masyarakat Indonesia bahkan dunia yang terkena penyakit diabetes militus ini.

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam kompetensi dokter umum. Jadi dimanapun anda berada (bahkan di tempat terpencil pun), anda bisa konsultasikan tentang diabetes mellitus kepada dokter (baik umum maupun spesialis).
Diabetes mellitus atau biasa kita kenal kencing manis digolongkan sebagai gangguan metabolisme yang mengacu pada bagaiman cara tubuh kita mencerna makanan untuk energi dan pertumbuhan. Sekarang jawablah pertanyaan berikut : makanan pokok yang paling sering anda makan apa? Kami yakin bahwa anda akan menjawab nasi putih (atau makanan olahan gandum bagi orang di luar Indonesia). Tahukah anda, sebagian besar dari apa yang kita makan dipecah menjadi glukosa, terutama sumber makanan yang memiliki karbohidrat tinggi seperti nasi, roti, dll. Glukosa adalah suatu bentuk gula dalam darah inilah sumber utama bahan bakar bagi tubuh kita.
Ketika makanan kita dicerna glukosa membuat jalan ke dalam aliran darah. Sel-sel kita menggunakan glukosa untuk energi dan pertumbuhan. Namun, glukosa tidak bisa masuk ke sel tanpa hormone insulin. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Setelah makan, pankreas otomatis melepaskan insulin untuk memindahkan glukosa dalam darah kita ke dalam sel, dan menurunkan tingkat gula darah. Ini sekaligus menjawab kenapa orang yang menderita DM (Diabetes mellitus) umumnya disuntik insulin setiap hari!
Seseorang dengan penyakit diabetes mellitus memiliki kondisi di mana jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi (hiperglikemia). Hal ini karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau bisa juga pankreas memang tidak memproduksi insulin (salah satunya karena kerusakan pankreas). Hal ini menyebabkan terlalu banyak glukosa dalam darah. kelebihan glukosa darah akhirnya menyebabkan glukosa lolos keluar dari tubuh dalam urin. Jadi, jangan heran jika ada orang yang air kemihnya akan digerogoti semut, kerena itu merupakan salah satu dari tanda Diabetes Mellitus.
Tipe Tipe Diabetes Mellitus
Ada 2 jenis tipe utama dalam Penyakit Diabetes yaitu :
1. Penyakit Diabetes ipe 1
Suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita penyakit diabetes harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderita penyakit diabetes ini adalah anak-anak & remaja.
Kondisi kadar gula yang drastis menurun akan cepat menyebabkan seseorang tidak sadarkan diri bahkan memasuki tahapan koma. Gejala kencing manis dapat berkembang dengan cepat waktu ke waktu dalam hitungan minggu atau bulan, terutama pada seorang anak yang menderita penyakit diabetes mellitus tipe 1.

Perawatan Penyakit Diabetes Tipe 1
Karena pankreas kesulitan menghasilkan insulin, maka insulin harus ditambahkan setiap hari. Umumnya dengan cara suntikan insulin. Apakah bisa dengan perawatan secara oral? Tidak bisa, karena insulin dapat hancur dalam lambung bila dimasukkan lewat mulut.
Cara lain adalah dengan memperbaiki fungsi kerja pankreas. Jika pankreas bisa kembali berfungsi dengan normal, maka pankreas bisa memenuhi kebutuhan insulin yang dibutuhkan tubuh.

2. Penyakit Diabetes tipe 2
Penyakit diabetes ini terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe penyakit diabetes ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat penyakit diabetes dalam keluarga.
Lain halnya pada penderita diabetes mellitus tipe 2, umumnya mereka tidak mengalami berbagai gejala diatas. Bahkan mereka mungkin tidak mengetahui telah menderita kencing manis.
Perawatan Penyakit Diabetes Tipe 2
Perawatan penyakit diabetes tipe 2 adalah dengan memaksa fungsi kerja pankreas sehingga dapat menghasilkan insulin lebih banyak. Jika pankreas bisa menghasilkan insulin yang dibutuhkan tubuh, maka kadar gula dalam darah akan menurun karena dapat diubah menjadi energi. Dalam banyak kasus, dapat diobati dengan minum pil, paling tidak pada awalnya, untuk merangsang pankreas agar menghasilkan lebih banyak insulin. Pil itu sendiri bukan insulin.
Namun pankreas bisa lelah menghasilkan insulin jika terus menerus dipaksa. Cara terbaik untuk mengatasi penyakit diabetes tipe 2 adalah dengan diet yang baik untuk mengurangi berat badan dan kadar gula, disertai dengan gerak badan yang sesuai.

Semoga artikel ini bermanfaat yahhhh,,,,

Baca Artikel Yang Lain:
Tubuh Langsing Tanpa Diet Ketat
Olahraga Sehat Sehari-Hari 2012
Rahasia Panjang Umur Pasien Diabetes Tertua (Bob Krause)
Diet Sehat Untuk Diabetes Mellitus
Pengobatan Diabetes Mellitus ( DM)
Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus
Gejala-Gejala Diabetes Mellitus
Ancaman Penyakit Diabetes Mellitus
Buah Alpokat (Avocado) Yang Banyak Manfaat
Manfaat Buah Pisang Yang Patut Diperhitungkan
Makanan Cerdas Untuk Otak Cerdas
Penyakit Rabies