Bertubuh langsing merupakan idaman setiap wanita. Anda berusaha mengatur menu makanan agar dapat mengenakan berbagai macam pakaian yang sedang trend. Seperti dikutip dari Guardian, para ahli telah memprediksi bahwa tahun 2020 nanti, 7 dari 10 wanita akan mengalami masalah berat badan.
Beberapa wanita merasa dirinya terlalu gemuk, ada pula yang memang overweight atau mengalami obesitas.

Salah satu cara meraih bentuk tubuh ideal itu yakni dengan diet. Bagi sebagian wanita, cara ini tergolong berat; Anda harus menahan selera. Anda sebaiknya tak perlu menyiksa diri dengan diet supet ketat. Berikut selusi n langkah untuk langsing tanpa diet ketat.

Untuk menurunkan berat badan, banyak orang menjalani agenda diet yang sangat ketat hanya demi mewujudkan hasrat dan juga memiliki tubuh langsing seperti idaman mereka. Jadwal diet yang begitu ketat, kerap kali membuat para wanita enggan melakukannya. Padahal kunci diet bukanlah menahan lapar, namun memperbaiki pola makan dan mengurangi asupan dari porsi biasanya dengan tetap memerhatikan kandungan nutrisi yang diasup.

Heeemmmzzz…
Berikut ini adalah langkah tepat melangsingkan tubuh tanpa diet.

1. Konsumsi sayuran

Penelitian menunjukkan bahwa ketika berbagai makanan terhidang di depan meja, kita cenderung makan lebih banyak. Oleh karena itu, mengganti hidangan yang tinggi lemak pada menu Anda dengan sayuran adalah langkah terbaik. Makanlah sayuran hijau lebih dari dua kali setiap harinya dan Anda pun akan merasa puas dengan hasil yang didapat tanpa perlu bersusah payah menjalani diet.

2. Makan perlahan-lahan

Ambil jeda dari jadwal makan yang seharusnya dan nikmatilah sesi makan Anda dengan tenang. Kunyahlah makanan secara perlahan-lahan dan nikmati setiap gigitan makanan Anda. Melahap dengan tergesa-gesa hanya membuat Anda makan banyak dari biasanya.

3. Pilih gandum utuh yang belum diproses

Pilihlah sumber makanan gandum utuh dalam asupan sehari-hari. Makanan dari gandum akan meningkatkan lipid Anda (rendah kolesterol jahat), sehingga membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, konsumsi pula jenis makanan biji-bijian agar lebih sehat.

4. Fokus pada target Anda

Apakah Anda memiliki celana jins yang ingin dikenakan kembali? Atau gaun yang sudah lama Anda gunakan dan tidak terpakai lagi karena sudah tak lagi bersahabat dengan tubuh Anda. Nah, jika ingin menggunakannya kembali, gantunglah cita-cita setinggi-tingginya. Tanamkan keinginan bahwa semua busana tersebut dapat muat dipakai kembali. Jadi, setiap kali Anda dihadapkan pada makanan yang menggoda seperti kentang goreng, burger, ayam goreng dan sebagainya, keinginan tersebut pun perlahan pupus karena terbenamkan dengan keinginan agar pakaian Anda muat kembali.

5. Bawa makan siang ke kantor

Bawalah selalu bekal makan siang saat Anda bekerja atau bawalah selalu kotak buah ketika Anda melakukan piknik. Kemudian bawa juga beberapa roti, yoghurt rendah lemak dalam perjalanan Anda. Membawa makanan sehat akan membantu Anda meraih impian memiliki bodi ramping. Jadi, Anda dapat melewatkan kebiasaan untuk makan di kafetaria kali ini dan Anda pun dapat menikmati takaran makan serta menu yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memasak di pagi hari menjadi aktivitas yang terburu-buru untuk dilakukan, Anda bisa mencoba memersiapkan makanan tersebut malam sebelumnya sehingga memudahkan membawanya di pagi hari.

6. Minum teh hijau

Meskipun belum dikonfirmasi, beberapa studi yang dilakukan menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori lebih besar melalui phytochemical yang disebut catechin.

7. Jalan kaki 20 menit tiap hari

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berjalan selama 20 menit sehari (kira-kira satu mil) dapat membantu Anda membakar sebanyak 100 kalori lebih. Jadi, turunlah dari bus yang Anda tumpangi sebelum tujuan dan gunakan sisa jarak tersebut dengan berjalan kaki. Gunakan tangga dan bukan lift atau parkirlah mobil agak jauh dari pintu masuk saat Anda berbelanja ke mal. Intinya olahraga sangat berperan disini.

8. Makan dalam piring kecil

Jika Anda memilih piring 10 inci, bukan 12 inci, pikiran Anda hanya akan terfokus pada ukuran tersebut. Padahal besarnya piring akan memengaruhi takaran makan Anda. Jadi jangan memenuhi naluri untuk makan banyak, tetapi sesuaikan saja dengan kebutuhan. Untuk mengantisipasinya, gunakan piring yang tidak terlalu besar sehingga makanan yang masuk di dalamnya pun tidak terlalu banyak.

9. Cerdas saat memilih menu di restoran

Makan di restoran mungkin bisa menghancurkan pola makan seimbang yang telah Anda jalani sebelumnya. Sebelum hal tersebut mengancam Anda, berbagilah menu appetizer dengan teman Anda saat makan di restoran. Kemudian mintalah porsi separuh untuk pemesanan menu utama.

sebelum menjalani diet, sebaiknya cek dlu,,,, apakah kita perlu diet lagi??? jika berat badan sudah ideal,, gak perlu lagi yang namanya diet,,, cuma perlu pertahanin pola hidup.

Banyak cara yang dilakukan orang untuk mencari berat ideal mereka. Cara yang paling umum dilakukan adalah mengurangi tinggi badan dengan 110. Jadi misalkan tinggi anda 180 cm artinya berat ideal anda adalah 70 kg.

Meskipun cara ini sangat mudah, kenyataannya cara ini dianggap kurang akurat. WHO atau badan kesehatan dunia menyarankan suatu cara menentukan berat badan ideal anda berdasarkan BMI atau Body Mass Index. Dan ini adalah panduannya:

Jika BMI anda 35 anda temasuk kategori obesitas morbid yang artinya dapat menyebabkan kematian.
Nah, bagaimana cara menghitung BMI anda?

Simpel, yang perlu anda lakukan adalah membagi berat badan anda dalam kg dengan tinggi badan dalam meter yang dikwadratkan.

Berat badan (kg) / (tinggi badan (m) x tinggi badan (m))

Misalkan berat anda 90kg dan tinggi anda 165 cm artinya BMI anda adalah 90 / (1,65 x 1,65) = 33 artinya anda berada dalam kategori obesitas.

So,

Sekarang anda bisa mencek BMI anda. Kalau dengan cara seperti ini dirasakan masih ribet, saya memiliki tools sederhana yang bisa menghitung BMI dalam hitungan detik! Klik DI SINI!

semoga bermanfaat,,,🙂
punya tips terkait??? sharing disini,,,,,

Baca Artikel Yang Lain:
Tubuh Langsing Tanpa Diet Ketat
Olahraga Sehat Sehari-Hari 2012
Rahasia Panjang Umur Pasien Diabetes Tertua (Bob Krause)
Diet Sehat Untuk Diabetes Mellitus
Pengobatan Diabetes Mellitus ( DM)
Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus
Gejala-Gejala Diabetes Mellitus
Ancaman Penyakit Diabetes Mellitus
Buah Alpokat (Avocado) Yang Banyak Manfaat
Manfaat Buah Pisang Yang Patut Diperhitungkan
Makanan Cerdas Untuk Otak Cerdas
Penyakit Rabies